Perpaduan Warna  - Warna bukanlah merupakan suatu besaran fisik namun warna merupakan suatu sensasi yang dihubungkan dengan sistem syaraf kita, seperti halnya rasa maupun bau. Sensasi warna diperoleh dengan adanya interaksi antara warna dengan sistem syaraf sensitif warna kita.(Interaksi Manusia dan Komputer. Meskipun sangat sukar untuk menentukan pilihan warna untuk mempercantik tampilan, sejumlah kombinasi warna telah diuji coba untuk mendapatkan informasi tentang penggunaan warna yang optimal.


Psikologi Perpaduan Warna

Beberapa Perpaduan warna yang bisa kita terapkan pada pada website kita atau rumah kita 
  • Hindarkan penggunaan tampilan yang secara simultan sejumlah menampilkan warna tajam merah, jingga, kuning , dan hijau dapat di lihat bersama sama tanpa perlu pemfokusan kembali, tetapi cyan, biru, dan merah tidak dapat dilihat secara serempak dengan mudah. Pemfokusan kembali mata yang berulang ulang akan menyebabkan kelelahan penglihatan.
  • Hindarkan warna biru murni untuk teks, garis tipis, dan bentuk yang kecil. System penglihatan mata kita tidak diset untuk rangsangan yang terinci, tajam, serta bergelombang pendek.
  • Hindarkan warna berdekatan yang hanya berbeda dalam warna biru. Sudut-sudut yang berbeda hanya pada prosentase warna biru akan terlihat sama.
  • Pengamat yang lebih tua memerlukan aras ketajaman yang lebih tinggi untuk membedakan warna.
  • Warna akan berubah kenampakannya ketika aras cahaya sekeliling berubah. Tampilan akan berubah warna di bawah cahaya sekeiling yang berbeda. Kenampakan juga berbeda ketika aras cahaya sekeliling bertambah atau berkurang. Di satu sisi, perubahan terjadi karena adanya penambahan atau penuruna kontras, dan disisi lain perubahan terjadi karena adanya pergeseran sensitifitas mata.
  •  Besarnya perubahan warna yang dapat di deteksi bervariasi untuk warna yang berbeda. Perubahan kecil dalam warna merah dan ungu sukar di deteksi di bandingkan dengan warna lain seperti kuning dan biru-hijau. Selain itu, system penglihatan kita tidak siap untuk merasakan perubahan warna hijau.
  •  Hindarkan warna merah dan hijau yang di tenpatkan secara bersebrangan pada tampilan bersekala besar. Warna yang lebih cocok adalah biru dan kuning.
  • Warna yang berlawanan dapat di gunakan bersama sama. Merah dengan hijau atau kuning dengan biru merupakan kombinasi yang baik untuk tampilan sederhana. Kombinasi merah dengan kuning atau hijau dengan biru akan menghasilkan citra yang lebih jelek.
  • Untuk pengamat yang mengalami kekurangan dalam melihat warna hindarkan perubahan warna tunggal.
Demikianlah ulasan tentang perpaduan warna berdasarkan psikologi warna pada buku interaksi manusia dan komputer.
loading...

Ikuti update terbaru