Pengertian CPU dan Fungsinya - Central Processing Unit begitulah kepanjangan dari CPU yang artinya Pengolah pusat dan sering diartikan sebagai processor, karena merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah komputer. CPU sendiri merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.  Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut :
  • Unit kontrol (Control Unit)
    Unit kontrol ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Garis besarnya tugas dari unit kendali ini adalah Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output; Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama; Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses; Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika; Mengawasi kerja dari ALU; Menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • ALU
    ALU merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
  • Register
    Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. jika dianalogikan, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

Fungsi CPU

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Komponen CPU (Central Processing Unit)



  1. Casing
  2. Motherboard
  3. Chipset
  4. Tipe CPU
  5. Slot dan tipe memori
  6. Cache memory
  7. Sistem BIOS
  8. Slot ekspansi
  9. Port I/O
  10. Powes Puplay



loading...