Pengertian Queue (Antrian) adalah suatu kumpulan data yang mana penambahan data atau elemen hanya dapat dilakukan pada sisi belakang sedangkan penghapusan atau pengeluaran elemen dilakukan pada sisi depan. Jenis struktur data antrian sering digunakan untuk menstimulasikan keadaan dunia nyata. Antrian banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misal : antrian registrasi mahasiswa, tiket kereta api dan lain-lain.
Berbeda dg stack, prinsip yg digunakan dalam antrian adalah FIFO ( First In First Out ). Dengan kata lain, urutan keluar elemen akan sama dengan urutan masuknya.

ANTRIAN QUEUE DALAM MATAKULIAH STRUKTUR DATA


Dalam antrian tidak semuanya dilakukan secara FIFO murni, contoh yg relevan dalam bidang komputer adalah Time-sharing Computer System, dimana ada sejumlah penakai ( user ) yg menggunakan sistem tsb secara serempak. Karena sistem ini biasanya menggunakan processor, dan sebuah memory utama. Jika processor sedang dipakai oleh seorang user, maka user yang lain harus antri sampai gilirannya.

Antrian ini tidak akan dilayani secara FIFO murni tetapi biasanya didasarkan pada suatu prioritas tertentu. Antrian yang memasukkan unsur prioritas dinamakan dengan ANTRIAN PRIORITAS ( PRIORITY QUEUE )

Elemen yang pertama kali masuk ke antrian akan keluar pertama kalinya. DEQUEUE adalah mengeluarkan satu elemen dari suatu antrian. Terdapat satu buah pintu masuk di suatu ujung dan satu buah pintu keluar di ujung satunya sehingga membutuhkan variabel Head dan Tail

Lebih lengkapnya yang sesuai dengan mata kuliah Stuktur Data yang saya ambil dari UBL, dosen memperikan slidenya seperti ini. silahkan download disini


risasisteminformasi.blogspot.com
loading...

Ikuti update terbaru