End User Computer Satisfaction - Metode EUCS ini banyak digunakan untuk para mahasiswa yang sedngan melakukan penelitian, bahkan dosen, profesor ataupun peneliti lainya juga sering menggunakan metode ini. bagaimana cara penggunaan dengan metode EUCS ini. komponen End User Computing Satisfaction (EUCS) yang terdiri dari isi, keakuratan, bentuk, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.

PENELITIAN DENGAN PENDEKATAN METODE EUCS




Model ini dikembangkan oleh Doll dan Torkzadeh (1988) yang digunakan untuk mengukur kepuasan pemakai akhir komputer. Mereka mengembangkan instrumen pengukur kepuasan yaitu instrumen end user computing satisfaction (EUCS). Doll dan Torkzadeh mengembangkan instrumen EUCS yang terdiri dari 12 item dengan membandingkan lingkungan pemrosesan data tradisional dengan lingkungan end user computing, yang meliputi 5 komponen: Isi (content), Akurasi (accuracy), Bentuk (format), Kemudahan (ease) dan Ketepatan Waktu (timeliness).

Instrumen ini dianggap komprehensif karena mereka mengumpulkan item-item kuesioner dari penelitian-penelitian sebelumnya dan menambahkan item-item mengenai kemudahan penggunaan (ease of use) karena sebelumnya diabaikan dalam pertanyaan mengenai kepuasaan. Akhirnya mereka mengajukan instrumen 12 item (EUCS) sebagai suatu standar pengukuran terhadap kepuasaan pemakai aplikasi tertentu.

Baca juga tentang membuat menu dengan css dan desain tampilan website dengan table
loading...

Ikuti update terbaru