Pilih Windows Phone atau Android : Selamat sore kawan kawan, kali ini saya akan sharing tentang yang lagi buming sekarang ini di dunia dan indonesia pun tak kalah ikutan juga.., hehe.., hari sabtu kemaren tanggal 30 November 2013 kayaknya pas saya ikut Acara Blogger Nusantara 2013 saya ngobrol dengan teman yang memang fokus di kedua pemrograman itu, saya sebenarnya minat untuk mengembangkan kedua gadget itu, yang sekarang keduanya lagi trend di pasaran indonesia.

Untuk para sahabat bloggers indonesia, kalau mau mengembangkan android app sebenarnya mudah sekali dan nanti kita bisa menarukkan scipt iklan kita di aplikasi tersebut. namun kebanyakan pengguna android sudah banyak sekali, bahkan sudah menjamur di kalangan anak-anak, remaja, mahasiswa ataupun jutawan. namun untuk windows app kata teman saya, untuk windows app sekarang yang banyak sekali permintaanya karena untuk windows app ini masih jarang yang mengembangkannya.

PILIH WINDOWS PHONE ATAU ANDROID

 

Kelebihan OS Windows 8 untuk ponsel daripada OS yang lainya:

User interface yang sederhana tapi keren, kebanyakan orang jatuh hati ketika melhat tampilan seseorang, hal itu pun terjadi seperti interface yang di miliki ponsel yang OSnya Windows 8, badge facebook, twitter, google, etc di kemas sedemikian rupa sehingga tampilan tampak lebih modern tetapi tetap mengusung tampilan yang sederhana. Walaupun tidak di dukung dengan background pada layar ponsel tetapi live tilenya sangat menggoda kita untuk mencoba OS tersebut.

Multitasking yang keren, hal ini membuat pengguna ponsel lebih mudah untuk mengatur ataupun memindah aplikasi satu ke aplikasi lainya, perpindahan aplikasi ponsel OS Windows lebih praktis dan elastis tidak seperti pesaingnya yang walaupun bisa berpindah namun kurang praktis dan menraik.
Menilik dari segi notifikasi, notifikasi windows phone bisa di atur dengan bersamaan di stu tab dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di windows store, dan semua notifikasi akan di tampilkan pada live tile : smileyvery-happy.

Melihat dari kinerja OS Windows itu sendiri, Windows 8 dilengkapi dengan ARM dan x86. Sedangkan iOS dan Android hanya didukung ARM semata. Memang ada versi Android yang kompatibel dengan x86. Tapi tidak selengkapnya dan sebaik yang ada di Windows 8. ARM dan x86 adalah desain arsitektur prosesor. ARM lebih efisien terhadap daya, jadi lebih hemat listrik deh. Sedangkan x86 memiliki kekuatan yang ada di chip Intel pada umumnya, kompatibel dengan software yang didesain untuk Windows 2007 dan lebih tua dari itu.

vendor pendukung, di lihat dari vendor yang mendukung OS ini tentunya tidak kalah dari vedor lainya, pertama kali di dukung oleh Nokia yang sudah memiliki pengalaman di dunia ponsel tentu saja OS windows dapat beradapatasi dengan desain yang telah di tetapkan

Waktu booting ataupun loading lebih cepat, windows phone hanya memerlukan waktu 8 detik untuk loading ataupun booting, beda jauh dengan pesaing-pesaingnya.
Dan yang terakhir adalah statment dari saya, OS WIndows pada ponsel saya kira adalah OS yang tidak bisa di tandingi di waktu yang akan datang dengan kelebihan-kelebihan yang di miliknya.

Kelebihan Android Phone


  1. Layar yang lebih besar
    Salah satu hal yang menjadi pembeda antara Android dan iPhone adalah pihak yang mengembangkan perangkat. Hanya Apple sendiri yang mengembangkan iPhone, sedangkan Android tampak seperti proyek "keroyokan" semua vendor.

    Hal tersebut tentu mendatangkan keuntungan bagi Android dari sisi desain perangkat. Dengan begitu banyaknya vendor yang mengembangkan perangkat berbasis Android, akan semakin banyak pula model-model ponsel Android yang dilahirkan.

    Ponsel-ponsel ini pun akhirnya hadir dalam berbagai ukuran layar. Ponsel berbasis Android memiliki ukuran layar yang variatif, antara 3 inci hingga 7 inci. Sebagian besar perangkat Android sudah dirilis dengan bentang layar lebih dari 4 inci.

    Sementara itu, iPhone hingga saat ini hanya memiliki dua ukuran layar, yaitu 3,5 inci (iPhone generasi pertama hingga 4S) dan 4 inci (iPhone 5).

    Untuk urusan layar, Android memang bisa menyombongkan diri dengan mengatakan, "Perangkat-perangkat kami memiliki layar dengan ukuran lebih besar dari iPhone".
  2. Dukungan terhadap kartu SD
    Hanya ada empat kapasitas yang tersedia untuk perangkat iPhone, yaitu 8, 16, 32, dan 64 GB. Keempat kapasitas tersebut adalah harga mati karena iPhone tidak menyediakan slot kartu SD. Artinya, pengguna tidak bisa menambahkan kartu memori untuk memperluas kapasitasnya.

    Berbeda dari iPhone, mayoritas perangkat berbasis Android sudah dilengkapi dengan dukungan kartu memori ini. Misalnya, apabila kapasitas media internal sebuah perangkat sebesar 64 GB dan ia mendukung kartu memori 64 GB, produk tersebut secara total memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB.
  3. Bisa ganti baterai
    Desain unibody iPhone memang keren. Namun, desain ini membuat komponen baterai tidak bisa dibongkar pasang. Artinya, apabila ada kerusakan atau baterai mulai "bocor", pengguna tidak bisa mengganti sendiri komponen tersebut.

    Sebagian besar produk Android dilengkapi dengan kemampuan untuk menukar baterai. Ya, memang ada beberapa perangkat yang tidak bisa ditukar baterainya karena menggunakan desain unibody. Namun, desain tersebut hanya dimiliki oleh sebagian kecil perangkat.
  4. Kustomisasi layar dengan widget, aplikasi, dan wallpaper animasi
    iOS, sistem operasi yang digunakan di perangkat iPhone, telah memiliki pakemnya sendiri. Pengguna tidak bisa mengutak-atik layar home dengan menambahkan shortcut aplikasi di bagian tersebut. Pengguna juga tidak bisa memasukkan wallpaper bergerak alias animasi.

    Sementara pengguna Android memiliki lebih banyak kebebasan untuk melakukan kustomisasi. Pengguna bisa menambahkan widget, semacam shortcut yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur dari sebuah aplikasi tanpa harus membukanya, di layar home. Ia juga mendukung wallpaper dalam bentuk animasi dan layar home bisa ditambahkan dengan berbagai shortcut aplikasi.
  5. Aplikasi peta digital yang lebih baik
    Tidak bisa dipungkiri, aplikasi Google Maps jauh lebih baik dibandingkan Apple Maps. Google Maps dapat menampilkan data yang lebih akurat dibandingkan aplikasi peta buatan Apple ini.

    Memang para pengguna iPhone bisa mengunduh aplikasi Google Maps melalui App Store. Namun, pengguna Android sudah langsung menikmati aplikasi tersebut, tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.
  6. Android menggunakan charger USB standar
    iPhone 5 hadir dengan port charger yang berbeda dari generasi pendahulunya, dari 30 pin menjadi hanya 8 pin. Hal ini akan merepotkan orang yang memiliki berbagai perangkat mobile Apple. Bayangkan, bagaimana jika pengguna ini membawa iPhone generasi lama, iPad generasi 2, dan juga iPhone 5. Tentunya, ia harus membawa dua jenis charger sekaligus.

    Hal tersebut berbeda dari pengguna Android. Rata-rata, jenis charger yang digunakan sama, yaitu micro USB. Pengguna hanya perlu membawa satu jenis charger untuk mengisi daya berbagai jenis ponsel.
  7. Sinkronisasi data Google yang sangat mudah
    Para pengguna Android cukup memasukkan akun Google mereka ke ponsel dan secara otomatis semua aplikasi Google akan melakukan sinkronisasi. Ponsel secara otomatis akan mengunduh inbox di Gmail, data bookmark secara langsung berpindah ke Chrome di ponsel, dan masih banyak lagi kemudahan lainnya.

Mengenal Operating System 

sumber : http://tekno.kompas.com/

loading...

Ikuti update terbaru