Pengertian Worl Wide Web - biasa disingkat dengan www yang sering kita jumpai pada awal sebuah domain, merupakan salah satu killer applications yang menyebabkan populernya Internet. Kehebatan Web terletak pada kemudahan untuk mengakses informasi, yang dihubungkan satu dengan lainnya melalui konsep hypertext markup language.

Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan suatu network dengan network lainya di seluruh dunia. TCP/IP menjadi protocol penghubung antara jaringan-jaringan yang beragam di seluruh dunia untuk dapat berkomunikasi. World Wide Web (WWW) merupakan bagian dari internet yang paling cepat berkembang dan paling populer WWW bekerja merdasarkan pada tiga mekanisme.


  • Protocol standard aturan yang di gunakan untuk berkomunikasi pada computer networking, Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protocol untuk WWW.
  • Address WWW memiliki aturan penamaan alamat web yaitu: URL(Uniform Resource Locator) yang di gunakan sebagai standard alamat internet.
  • HTML digunakan untuk membuat document yang bisa di akses melalui web. HTML merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan documentweb.
    - Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
    - Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses.
    - Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.

Pengertian HTTP

Http merupakan singkatan dari Hyper Text Transfer Protokol adalah sebuah protokol untuk melakukan akses antara client dan server. Client dan server masing-masing salaing menerima dan menjawab request keduanya. Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (port 80).

Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.




loading...

Ikuti update terbaru