Pengertian Teori Bahasa Otomata (Automata) - adalah matakuliah terbaru di fakultas kami yang di ampu oleh Ibuk Ayu Kartika, yang sebelumnya sudah dua kali ganti dosen yang mengampu matakuliah ini. matakuliah ini masih sangat jarang di ajarkan karena matakuliah ini tidak berguna untuk bahasa sehari hari, hehe.. banyak buku yang mengulas tentang bahasa otomata ini antara lain
Teori Bahasa dan Otomata, John E. Hopcroft dkk. (terjemahan, Edisi 2, 2007)
Teori Bahasa dan Otomata, Firrar Utdirartatmo
Introduction to Languages and The Theory of Computation, John C. Martin
An Introduction to Formal Language and Automata, Peter Linz


Pengertian Teori Bahasa Otomata

Pengertian Teori Bahasa 
  • Teori bahasa membicarakan bahasa formal (formal language), terutama untuk kepentingan perancangan kompilator (compiler) dan pemroses naskah (text processor). 
  • Bahasa formal adalah kumpulan kalimat. Semua kalimat dalam sebuah bahasa dibangkitkan oleh sebuah tata bahasa (grammar) yang sama. 
  • Sebuah bahasa formal bisa dibangkitkan oleh dua atau lebih tata bahasa berbeda.
  • Dikatakan bahasa formal karena grammar diciptakan mendahului pembangkitan setiap kalimatnya. 
  • Bahasa Natural/manusia bersifat sebaliknya; grammar diciptakan untuk meresmikan kata-kata yang hidup di masyarakat. Dalam pembicaraan selanjutnya ‘bahasa formal’ akan disebut ‘bahasa’ saja.
Sedangkan yang di maksud dengan Pengertian Otomata (Automata) adalah 
Otomata adalah mesin abstrak yang dapat mengenali (recognize), menerima (accept), atau membangkitkan (generate) sebuah kalimat dalam bahasa tertentu. atau Berkaitan dengan teori mesin abstrak, yaitu mesin sekuensial yang menerima input, dan mengeluarkan output, dalam bentuk diskrit. 

loading...

Ikuti update terbaru