Mengenal Protokol IEEE 802.3 - Taukah anda tentang Protokol IEEE yang sering di pakai dalam jaringan yang pastinya, adapun protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. sedangkan IEEE dalam wiki adalah organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.


Mengenal Protokol IEEE 802.3

Menggunakan CSMA/CD untuk mengakses media transmisi. Protokol ini memungkinkan transmisi data dengan kecepatan 10 Mbps melalui saluran koaksial sepanjang 500 m (yang disebut satu segment). Untuk menanbah jangkauannya dapat digunakan Repeater. Sebuah sistem dapat terdiri atas 5 segment sehingga jangkauan antar stasiun maksimum 2500 m. Stasiun disambungkan ke saluran melalui sebuah media access unit (MAU). Sebuah stasiun mempunyai NIC (Network Interface Card) untuk disambungkan ke MAU. MAU bagi CSMA/CD ini biasanya disebut juga Transceiver yang dapat mengirim dan menerima secara bersamaan (full duplex). Pengiriman informasi oleh stasiun dilakukan dengan cara broadcasting. Pada saat sebuah stasiun selesai melakukan transmisinya maka stasiun lain baru boleh melakukannya. Terdapat kemungkinan bahwa ada 2 stasiun pada saat yang besamaan melakukan pengirimana sehingga akan terjadi tabrakan (collision). Kedua stasiun akan mendeteksinya dan berhenti melakukan transmisi. Pengiriman akan diulang lagi setelah tenggang waktu yang ditentukan secara acak (1-persistent). CSMA/CD mengunakan sinyal baseband dan dalam hal ini MAU melakukan Manchester Encoding pada sinyal digital yang disalurkan sehingga adanya tabrakan (collision detection) dapat diketahui. Kalau terjadi tabrakan maka paket tidak dapat dikenali dan kedua stasiun akan mengeluarkan sinyal jamming (panjangnya 32 bit). EEE 802.3 dengan kabel koaksial mempunyai ukuran framet antara 64 oktet sampai maksimum 1518 oktet. Format frame IEEE 802.3 dapat dilihat pada gambar di bawah ini


7 oktet dengan pola 10101010 yang sama berturut-turut. Digunakan untuk sinkronisasi rangkaian fisik. LSB disalurkan terlebih dahulu.
Start Delimiter:
satu oktet dengan pola 10101011 untuk menunjukkan awal paket dan untuk sinkronisasi paket. LSB disalurkan terlebih dahulu.
Destination address:
2 atau 6 oktet (Ethernet) untuk menunjukkan tempat tujuan, juga terdapat alamat untuk fasilitas multicast (bit pertama = 0 menunjukkan single stasiun atau multiple address bila bit pertama = 1) dan broadcast. Bit 46 menunjukkan address alamat itu lokal atau global.
Source Address:
2 oktet atau 6 oktet untuk menunjukkan originating stasiun
Length:
2 oktet menunjukkan banyaknya oktet dari data. Paket ukuran minimum 64 oktet dan maksimum 1518 oktet dihitung dari address tujuan sampai dengan FCS. Digunakan pad agar unkuran paket minimum 64 oktet.
FCS:
4 oktet yang digunakan unuk pemeriksaan kesalahan dihitung sesudah start delimiter.

Di dalam perkembangannya ternyata standard yang paling banyak dipakai ialah Ethernet. IEEE 802.3 dikembangkan atas dasar Ethernet. Perbedaannya hanyalah dalam panjang Informasi. Ethernet tidak dapat lebih dari 1500 oktet, sedangkan 802.3 dapat lebih besar dari 1500 oktet. Sinyal yang sekarang umum digunakan adalah baseband dan media transmisinya ialah UTP. Ketentuan baku Ethernet yang digunakan secara luas ialah

10BaseT
Secara fisik tiap komputer dihubungkan dalam bentuk topologi star menuju ke sebuah perangkat keras yang dikenal dengan nama 10BaseT Hub. Hub berfungsi sebagai transceiver bagi semua komputer yang tersambung padanya. Tiap komputer akan menggunakan kabel UTP dengan konektor RJ45 pada kedua sisinya. NIC hanya mengolah frame yang ditujukan padanya. Panjang kabel maksimum dari komputer ialah 100 m bila kecepatan maksimum 10 Mbps. 10Base T menggunakan 4 pasang kabel UTP, 2 pasang untuk mengirimkan dan 2 pasang lagi untuk menerima. Kabel UTP yang digunakan kategori 3 atau kategori 5. 

100BaseT (Fast Ethernet)
Menggunakan twisted pair untuk kecepatan maksimum 100 Mbps. 100BaseT menggunakan topologi fisik sama seperti 10BaseT demikian pula MAC serta frame formatnya.

Perkembangan Ethernet menghasilkan kategori Fast Ethernet di atas dan Gigabit Ethernet.

Protokol 802.2

Sebagai standard untuk Logical Link Control  (LLC )adalah ketentuan IEEE 802.2. Layanan LLC tersedia pada bagi layer network di SAP (Service Access Point). Perangkat LAN mempunyai satu atau beberapa LLC SAP. Bilamana sebuah stasiun meminta agar sebuah frame disampaikan oleh Data Link Layer secara unacknowledged  connectionless, maka frame tersebut diberikan ke LLC SAP dan akan diberikan indikasi bahwa LLC menerimanya. Layanan connection oriented mengharuskan pembentukan jalur antara SAP pengirim dan penerima. Network layer akan mengirimkan permintaan pembentukan sambungan pada LLC SAP. Network layer kemudian akan menerima konfirmasi apakaah sambungan dapat dibuat atau gagal. Bentuk LLC PDU
loading...

Ikuti update terbaru