Pengertian Mouse dan Fungsinya - Mungkin terdengar sedikit aneh ya bagi sahabat yang baru belajar tentang komputer, di perangkat komputer kok ada mouse sih, sebenarnya mouse itu apa sih, mouse itu kan artinya tikus, kok ada di komputer? hehe.. nggak usah bingung yha adik-adik, mouse dalam bahas Inggris rtinya memang tikus, tetapi kegunaan mouse pada komputer sangat jauh dari kehidupan tikus. Alat ini dinamakan mouse karena bentuknya yang menyerupai tikus dan kabel penghubung nya juga menyerupai ekor tikus. Nah bagi adik-adik yang masih bingung tentang apa itu mouse pada komputer, ini dia nih pengertian mouse, check it out ;)

Pengertian Mouse 

Mouse adalah sebuah device input yang tergolong peripheral yang telah di rancang khusus untuk menjalankan program dari brainware/user yang dikirim melalu gerak sensor pada saat di jalankan sehingga menggerakkan pointer pada layar monitor. Pengertian mouse lain yaitu perangkat keras (hardware) dalam komputer yang berfungsi sebagai penggerak kursor (pointer) pada layar monitor. Mouse merupakan salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang berfungsi sebagai peralatan masukan (input) pada komputer.
Mouse sangat memiliki peran penting dalam sistem operasi yang berbasis GUI, karena jika di Sistem operasi berbasis CLI sejenis Linux, kita jarang sekali menggunakan mouse. Di Input device mouse ini terdapat Klik Kiri, Klik Kanan, dan Scroll yang memiliki fungsi berbeda-beda, yaitu :
  1. Klik Kiri memiliki fungsi untuk memilih menu dan membuka program dengan cara Double Klik.
  2. Klik Kanan memiliki fungsi untuk membuka menu options dan untuk memilih menu lainnya.
  3. Scroll untuk mendrag dan juga menaik turunkan Scroll atau lembaran.

Fungsi Mouse

Selain berfungsi seperti yang sudah dipaparkan diatas (klik kiri, kanan dan scroll) mouse juga mempunyai banyak fungsi yang lain seperti :
  1. Memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
  2. Penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor
  3. Digunakan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah).
  4. Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll.
  5. Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
  6. Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
  7. Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet
  8. Mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi
  9. Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter.
  10. Mouse juga bisa berfungsi sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek.
  11. Mouse juga mampu berfungsi melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer.

loading...

Ikuti update terbaru