Pilih Operating System Ubuntu atau Windows? - Sejauh ini mungkin nama ubuntu jauh tertinggal dengan windows, pengguna windows didunia sudahlah sangat banyak, bagi masyarakat yang masih awam mungkin jika membeli laptop maka automatically Operating System yang digunakan adalah windows. Sebenarnya apa sih kekurangan ubuntu sebagai operating system kok rating penggunaannya jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan windows. Bagi Anda yang mempunyai banyak tanda tanya tentang semua itu maka silahkan Anda baca tentang kelebihan Operating System Ubuntu maupun menggunakan kelebihan Operating System Windows, selanjutnya terserah Anda mau memilih yang mana , hehe...langsung saja yha..

Kelebihan OS Windows

Berikut ini adalah kelebihan dalam menggunakan Operating System Windows :
  1. GUI yang familiar sehingga pengguna lebih nyaman berada didepan layar monitor
  2. Dukungan perangkat dari driver yang lebih baik
  3. Banyak aplikasi kantor yang kompatibel dengan windows
  4. Mudah untuk digunakan, karena para pengguna sudah terbiasa dengan tampilan windows.

Kelebihan OS Ubuntu


Berikut ini adalah kelebihan dalam mengunakan Operating System Ubuntu :
  1. Harga
    Tim pengembang ubuntu sudah berjanji kalau ubuntu akan selalu bebas biaya, tidak ada tambahan walaupun itu untuk sistem enterprise (untuk lisensi). Dengan kata lain ubuntu bisa anda dapatkan secara GRATIS! Ya, anda tidak perlu merogoh kocek dalam dalam untuk membeli OS dan tak perlu khawatir lagi terkena razia software bajakan!Gratis, Open Source, Legal, bebas kalian bawa keluar negeri.
  2. Update dan upgrade berkala
    Setiap seminggu sekali ubuntu melakukan update system, hal ini tentunya menguntungkan pengguna karena anda tak perlu berlama-lama menungu perbaikan dari tim pengembang ubuntu jika terjadi bug. Selain itu, setiap 6 bulan sekali ubuntu merilis versi terbaru System Operasinya. 
  3. Toko Aplikasi (Ubuntu Software Center)
    Ketika hendak menginstall suatu program, anda tak perlu repot untuk mengunduh aplikasi tersebut dari situsnya lalu menginstallnya sendiri, karena ubuntu mempunyai toko aplikasi yang bernama Ubuntu Software Center. Sebelumnya anda harus terkoneksi dengan internet untuk mengakses toko aplikasi ini. Anda cukup mencari aplikasi yang hendak diinstall, lalu klik download dan tunggu. Setelah hasil download selesai system akan otomatis menginstal aplikasi tersebut dan voila! aplikasi pun berjalan. dan, ubuntu memiliki lebih dari 25.000 aplikasi di tokonya dan hampir semuanya GRATIS tis tis.
  4. Cepat
    Anda tak perlu lama-lama lagi dalam melakukan pekerjaan, karena selain dikenal sebagai OS paling aman, ubuntu juga dikenal sebagai OS yang cepat dan responsif. Sebagai contoh, Windows 7 memerlukan waktu booting sekitar 40 detik agar benar-benar siap 'dipakai', sedangkan ubuntu hanya membutuhkan waktu 9 detik. . 
  5. Bahasa
    Ubuntu tersedia dalam ratusan bahasa lokal, sehingga para pengguna tidak akan mengalami kendala bahasa dalam mempelajari dan menggunakan ubuntu. Kabar baiknya Bahasa Indonesia sudah dimasukkan oleh tim pengembang ubuntu.
  6. Keamanan
    Ubuntu dikenal sebagai Operating System yang kebal terhadap virus. mungkin pertanyaan yang timbul di benak anda adalah 'kok bisa?. Hal itu disebabkan karena struktur system yang berbeda antara Windows dan ubuntu, selain itu virus yang beredar pun masih sangat-sangat-sangat-sangat-sangat sedikit dan itu pun dalam bentuk worm. Jadi jika anda memilih ubuntu anda tak perlu repot membeli antivirus serta mengupdate antivirus dan sering melakukan scanning
  7. Minimum Spesifikasi
    Jika Windows 7 menentukan batas minimum RAM komputer yang hendak diinstallnya adalah 1 GB, ubuntu 12.10 ( Versi terbaru saat ini ) hanya memerlukan 512 MB. Ringan bukan?
  8. Ga usah bingung pilih driver bawaan laptop, semuanya udah terintegrasi.
  9. Tampilan Ubuntu sekarang sudah bersaing dengan Windows.
  10. Takut ga bisa baca file .docx, .rar? tenang, semuanya bisa kok.
  11. Ubuntu One, memiliki 5 Gb tambahan nih buat kalian simpan data kalian di awan.
loading...

Ikuti update terbaru