Cara Menguji Jaringan LAN Terhubung - Jaringan LAN atau local area network, disini saya akan membahas bagaimana cara ngecek atau menguji sebuah jaringan terhubung atau belum. mungkin banyak langkah langkahnya kalau dari awal mulai dari mengecek kabel dengan tester kabel. di bawah ini ada beberapa langkah untuk membuat sebuah jaringan, nanti selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara menguji jaringan apakah sudah terhubung atau belum..??

Cara Menguji Jaringan LAN Terhubung

Beberapa langkah untuk membuat jaringan dari komputer satu ke komputer yang lain..: 

  • Kalau jumlah komputer yang akan dikoneksikan hanya dua  buah, kita hanya cukup menyediakan  satu buah kabel UTP dengan panjang sesuai jarak antara komputernya yang di kedua ujung kabelnya telah dipasangi konektor RJ-45(standard konektor untuk kabel LAN UTP) dengan konfigurasi Cross/ silang.
  • Kalau Jumlah komputer yang akan dikoneksikan lebih dari 2 buah, maka kita harus menambahkan suatu alat  yang bernama  Switch atau Hub. Pada saat ini harga sebuah switch untuk standard rumahan sudah sangat terjangkau . Dari masing - masing komputer dihubungkan ke switch  menggunakan kabel UTP dengan konektor RJ-45 di kedua ujungnya dengan konfigurasi Straight/lurus.
  • Pemasangan konektor  pada kabel UTP bisa dibuat sendiri, tetapi untuk mudahnya sobat tinggal pergi saja ke toko komputer yang juga menyediakan  peralatan jaringan, dan tinggal bilang untuk membeli kabel UTP sekalian pasangkan konektornya dengan konfigurasi cross/silang  untuk koneksi komputer ke komputer(dua buah komputer), atau straight/lurus untuk  koneksi lebih dari 2 komputer / menggunakan switch.

Perhatikan lampu indikator NIC nya. kalau warna hijau maka jaringan sudah oke.
Perhatikan lampu indikator di hub atau switch apabila menyala maka jaringan sudah jalan.
Teslah kabel jaringan dengan tester, apabila warna-warnanya aktif dan berturut-turut maka kabel jaringan oke...

Find computer pada neighbourhood indikasi bola telah terhubung adalah akan ditemukan komputer name yang sesuai dengan pencarian jika computare namenya benar.
Double klik pada ikon neighbour akan muncul komputer name,selain computer name milik kita sendiri
Windows explorer pada drive network neighbour hood akan muncul computer name selain milik kita sendiri.
Ping IP addres komputer lain, maka akan mendapat balasan pengiriman data dari komputer yang kita hubungi sedang aktif dan dalam sistem jaringan yang sama dengan kita contoh.

Demikianlah ulasan tentang bagaimana menguji jaringan yang terhubung atau belum.., mudah mudah artikel di atas bisa membantu agan agan yang sedang membutuhkannya. kalau misalnya artikel ini bermanfaat mohon dishare, di like atau di coment ya..
terimakasih ('_')

loading...

Ikuti update terbaru