Pengertian, Rumus Past Continuous Tense - Past Progressive Tense atau bisa disebut juga Past Continouos Tenses merupakan bentuk waktu yang digunakan untuk menunjukkan waktu yang digunakan untuk menunjukkan dua kejadian yang terjadi pada saat yang bersamaan, namun satu kejadian terjadi lebih awal dan masih sedang berlangsung ketika kejadian kedua terjadi. Past continuous Tense ini dibentuk dengan bantuan “to be” kata kerja, dalam bentuk lampau, ditambah dengan present participle dari kata kerja (dengan-ing akhir).

Rumus Past Continuous Tense

(+) Subject + To be 2 + (Verb + ing) + Object
(-) Subject + To be 2 + NOT + (Verb + ing) + Object
(?) To be 2  + Subject + (Verb + ing( + Object ?

Terkadang Past Continuous Tense digunakan pada dua bagian dalam satu kalimat dimana ketika dua kejadian sama-sama berlangsung secara bersamaan, contohnya:

While I was studying in one room of our apartment, my roomate was having a party in the other room.
(Artinya: Ketika saya sedang belajar di salah satu kamar di apartemen kita, teman sekamar saya sedang berpesta di ruangan lainnya.)

Dalam beberapa kasus, Simple Past Tense dan Past Continuous Tense hampir memberikan makna yang sama, contohnya:

It rained this morning. (Artinya: tadi pagi hujan)
It was raining this morning. (tadi pagi sedang hujan)

He was sleeping when I came (+)
- Dia sedang tidur ketika saya datang
He was not sleeping when I came (-)
- Dia tidak sedang tidur ketika saya datang
Was he sleeping when I came ?
- apakah dia sedang tidur ketika saya datang ?
I was working all night yesterday(+)
- saya sedang bekerja sepanjang malam kemarin
I was not working all night yesterday (-)
- Saya tidak sedang bekerja sepanjang malam kemarin
were you working all night yesterday ?
- Apakah kamu sedang bekerja sepanjang malam kemarin ?

  • kegiatan yang terinterupsi di masa lampau
  • Pertanyaan bersyarat / sopan
  • Mendeskripsikan atmosfer Kita sering menggunakan parallel aksi untuk menjelaskan atmosfer di masa lampau
  • Tindakan yang sedang berlangsung
  • dua atau lebih kegiatan yang sedang berlangsung pada waktu yang sama di masa lalu. Jadi nanti kalimat ini menjelaskan beberapa kegiatan yang terjadi dalam 1 waktu
loading...