Pengertian, Rumus Past Perfect Continouos Tense - Didalam rumus bahasa inggris, ada banyak cara untuk mengungkapkan suatu tindakan atau kejadian yang telah terjadi. secara umum, mengunkapkan pola past tense. mungkin anda agak ribet untuk memahami dari pengertian past perfect continouos tense yang merupakan rumus yang menyatakan hal atau peristiwa yang sesuatu telah dan sedang terjadi di masa lampau. gimana masih bingung kah.., dari pengertian tersebut memang agak membingungkan, telah, sedang dan lampau pula !, dalam setiap tenses yang mengandung Perfect Continuous, maka “sedang” nya itu mengandung arti “sudah dimulai, masih terjadi, dan masih terus”, lebih panjang periodenya, dan itu bisa kini (present), bisa dulu (past) dan bisa akan datang (future). Nanti Akan tau perbedaanya setelah memahami kesemua tenses.

Past Perfect Continuous Tense


  • Menceritakan tindakan yang telah terjadi dan sedang berlangsung di masa lalu sampai titik waktu tertentu di masa lalu juga.
    Contoh :
    When Indra came, Nina had been cooking.

    Kalimat ini menceritakan kejadian di masa lampau. Ini menceritakan bahwa ketika Indra datang, Nina sedang memasak, dan kegiatan memasak ini sudah dimulai sejak Indra belum datang. Kegiatan memasak itu telah terjadi dan juga telah selesai di masa lampau.
  • Kalimat pengandaian (Conditional Sentence) Type III
    Contoh :
    If it hadn’t been raining, we would have played football.

    Kalimat diatas mengungkapkan suatu pengandaian tentang suatu hal yang tidak benar-benar terjadi, atau kita membayangkan seolah-olah kejadian itu terjadi.
  • Kalimat tak langsung (reported / indirect speech)
    Contoh:
    Direct speech : “She was cooking”

    Indirect speech : She said that she had been cooking.

Rumus Past Perfect Continuous Tense

Contoh peristiwa untuk rumus ini : 
Kemarin teman saya datang ke rumah saya, ketika itu saya sedang memperbaiki kulkas. Waktu dia sampai saya sudah mulai kerja, dan saya lanjutkan pekerjaan tersebut sambil ngobrol sama dia. Untuk menyatakan kejadian “membetulkan kulkas” tersebut kita gunakan Past Perfect Continuous Tense.

(+) S + had + been + Ving
(-) S + had + not + been + Ving
(?)  Had + S + been + Ving

(+) He had been living in Jakarta about ten years
      Dia telah sedang tinggal di Jakarta sekitar 10 tahun
(-)  He had not been living in Jakarta about ten years
      dia belum tinggal di Jakarta sekitar 10 tahun
 (?) Had He been living in Jakarta about ten years ?
      apakah dia telah tinggal di Jakarta selamat 10 tahun ?

Perbedaan antara Present Perfect Continuous and Past Perfect Continuous
Ada perbedaan mendasar dalam penggunaan Present Perfect Continuous dan Past Perfect Continuous Tense. Present Perfect Continuous digunakan untuk mengungkapkan tindakan yang terus berlanjut sampai sekarang, sedangkan kejadian yang menggunakan pola Past Perfect Continuous itu telah terjadi dan telah selesai. Contoh :
We have been living here since October.
Kami telah hidup di sini sejak Oktober. (Kami sudah hidup di sini sejak Oktober, tapi sampai saat ini, kami juga masih tinggal di tempat itu)
We had been living here since October.
Kami telah tinggal di sini sejak Oktober. (kami menceritakan bahwa kami pernah tinggal di sini sejak Oktober, tapi kini sudah tidak tinggal di tempat itu lagi)

Demikianlah ulasan tentang rumus past continouos tense, beberapa sumber yang menjadi resferensi untuk menyusun tulisan di atas dari belajarbahasainggris[dot]net dan tensesbahasainggris[dot]com. semoga bermanfaat dan bisa membantu agan agan yang masih belajar bahasa inggris..
loading...

Ikuti update terbaru