Pengertian Ram - Random Akses Memory sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja komputer dikala kita membuka sebuah program. ketika kita membuka program yang banyak atau sedang running sebuah aplikasi. Random Akses Memori lah yang bekerja. Atau lebih terkenalnya adalah media penyimpanan data sementara. Laptop atau komputer merupakan teknologi yang sangat identik dengan penggunaan RAM atau Random Akses Memori, tampak adanya ram komputer tidak dapat berjalan dengan normal dikarenakan ram merupakan salah satu perangkat keras yang sangat penting dalam spesifikasi komputer yang berguna sebagai media penyimpanan sementara di saat komputer atau laptop dalam keadaan hidup.


Jenis Jenis RAM


  1. RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
  2. SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.


Fungsi RAM

  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
  • SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM.
  • EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.
Akan Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Demikianlah ulasan tentang pengertian RAM. bacalah tentang operating sistem.
loading...

Ikuti update terbaru