Jejaring Sosial - Social Networking Site (SNS) atau biasa disebut juga jejaring sosial didefinisikan sebagai suatu layanan berbasis web yang memungkinkan setiap individu untuk membangun hubungan sosial melalui dunia maya seperti membangun suatu profil tentang dirinya sendiri, menunjukkan koneksi seseorang dan memperlihatkan hubungan apa saja yang ada antara satu member dengan member lainnya dalam sistem yang disediakan. Fungsi dari penerapan  Social Networking Site itu sendiri berfokus pada koneksi yang akan dibangun oleh satu orang dengan orang lainnya, dimana dapat berupa hubungan sahabat, keluarga,  event, profesi hingga bisnis dan pekerjaan (Boyd dan Ellison, 2007).

Sejarah Singkat Jejaring Sosial Facebook



Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk  meng‐hubungkan orang‐orang dari seluruh belahan dunia (Watkins, 2009). Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997.  Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi mem‐perluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan  untuk tempat pencarian jodoh. Dalam kelanjutannya, friendster ini  lebih  diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. (Journal  of  Computer‐Mediated  Communication, 13(1), article 18.).

Jejaring sosial www.facebook.com adalah sebuah situs web jejaring sosial populer  yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Situs jejaraing Sosial ini didirikan oleh Mark Zuckerberg, Seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.  Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk  mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester,  Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy  League. Banyak  perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut  alam kurun  waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang‐orang yang memiliki alamat surat‐e suatu universitas (seperti:  .edu,  .ac,  .uk,  dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring  sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah‐sekolah tingkat atas dan    beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat‐e apa pun  dapat mendaftar di www.facebook.com. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu  atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasar‐kan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis. Hingga Juli 2007, FB memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara  situs‐situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta  anggota aktif yang dimilikinya  dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi  ke‐60 ke  posisi ke‐7 situs paling banyak dikun‐jungi, dan merupakan situs nomor satu untuk  foto di Amerika Serikat, mengung‐guli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto  dimuat setiap harinya. Fitur hiburan dalam FB disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan  video, kuis, dan lain sebagainya. Keistimewaan FB terletak pada fasilitas‐nya yang variatif dan cenderung mudah dipelajari. Bahkan kini, FB menjadi hosting foto terbesar, mengalahkan situs foto seperti Flickr atau Picasso (Enda Nasution, 2008).

loading...

Ikuti update terbaru