Jenis Topologi Jaringan LAN - Topologi LAN menggunakan topologi yang sama seperti jaringan yang lain. Topologi adalah cara stasiun atau host (node) saling dihubungkan. beberpa jenis topologi Jaringan lan yang ada dan sering di terapkan yaitu Point-to-point, Bus (Multipoint), Ring, Star, dan Tree. yang masing masing mempunyai topologi jaringan yang berbeda, namun ada kemiripan dalam penggunaan kabel. namun dari beberapa topologi tersebut ada kelebihan dan kekurangan masing masing.


Jenis Topologi Jaringan LAN

Beberapa jenis topologi jaringan adalah sebagai berikut : 
  1. Topologi Point-to-point
    Setiap stasiun atau host dihubungkan secara langsung dengan host lain. Setiap host mempunyai kedudukan yang sama sehingga LAN tidak tergantung pada salah satu host. Pada dasarnya hubungan antar stasiun hanya diketahui oleh stasiun yang bersangkutan
  2. Topologi Bus (Multipoint)
    LAN ini merupakan jaringan broadcast karena informasi dikirimkan melalui medium transmisi ke semua stasiun yang tersambung pada medium ini. Setiap stasiun saling dihubungkan melalui suatu medium yang dipergunakan bersama yang dapat berupa kabel, serat optik ataupun gelombang elektromaknetik.. Interface untuk node disambungkan ke medium ini. Tiap-tiap node akan memeriksa address dari informasi yang dikirimkan untuk menentukan siapa penerimanya. LAN juga tidak tergantung pada salah satu node karena kendalinya tersebar (distributed). Keuntungan: jumlah node dapat ditambahkan atau dikurangi tanpa mengganggu operasi yang telah ada. Kerugiannya: kalau tingkat lalu-lintas tinggi dapat terjadi kongesti. Contoh yang terkenal Ethernet.

  3. Topologi Ring
    semua node saling dihubungkan dalam bentuk lingkaran (ring). Informasi berjalan dalam saluran transmisi secara searah (unidirectional), sehingga data beredar di dalam lingkaran. Informasi berjalan dari satu node ke node yang lain. Informasi disalurkan dalam bentuk paket. Tiap paket mengandung alamat sumber dan tujuan. Paket yang diterima oleh satu stasiun akan diperiksa alamatnya, bilamana bukan untuknya paket akan diberikan kepada stasiun berikutnya demikian seterusnya sehingga tiba di tempat tujuan. Paket ini kemudian akan beredar sampai kembali ke sumber dan kemudian dikeluarkan dari peredaran. Paket harus dibuang untuk menghindari beredarnya tanpa batas dalam ring tersebut. Paket juga dapat dibuang oleh stasiun yang dituju. Pembuangan paket oleh sumber lebih disukai karena memungkinkan konfirmasi otomatis .Setiap node di dalam LAN ini akan saling bergantungan. Bila satu node terganggu, maka seluruh LAN akan terganggu, akan tetapi sekarang telah ada  teknik untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara melepaskan node yang tidak bekerja dari LAN tersebut dan menggantikannya dengan node yang berdekatan. Teknik ini memerlukan peralatan yang lebih rumit. Tiap node  yang ada pada ring mempunyai repeater (transceiver) yang melakukan tugas tersebut di atas. LAN dengan topologi ini mempunyai keuntungan yaitu data rate tinggi dan dapat melayani lalu lintas yang intensitasnya tinggi serta sambungan point to point membuat transmission error diperkecil. Kerugian topologi ini antara lain sukar menambah atau mengurangi node kerusakan pada media transmisi dapat menghentikan seluruh operasi. Media transmisi yang dipakai dapat berupa twisted pair, kabel koaksial dan serat optik.

  4. Topologi Star
    Stasiun yang tersambung pada jaringan umumnya tidak langsung berhubungan dengan stasiun lain tetapi harus menyalurkannya melalui suatu pusat  Stasiun pusat ini seringkali berupa sebuah switch . Semua jalur komunikasi tersambung ke satu titik pusat.

  5. Topologi Tree
    Tidak semua node mempunyai kedudukan yang sama. Node yang kedudukannya lebih tinggi "menguasai" node dibawahnya. Jaringan sangat tergantung pada node tertentu terutama pada node yang kedudukannya tertinggi. Karena itu juga dapat disebut sebagai "hierachical topology", sedang yang lainnya kedudukan semua node sama disebut sebagai "peer topology".
Demikianlah beberapa Topologi LAN yang sering di terapkan, baca juga pengertian teknologi lan.

loading...

Ikuti update terbaru