Pengertian Tekhnologi Local Area Network (LAN) - LAN merupakan salah satu bentuk jaringan packet broadcast. Sifat LAN ditentukan oleh media transmisi, topologi dan protokol akses media. Media transmisi bersama dengan topologi menentukan kecepatan, efisiensi saluran, tipe data yang boleh disalurkan dan juga aplikasi yang dapat didukung oleh jaringan. Sifat lalu lintas data bursty terutama jikalau digunakan untuk electronic mail, filing, dan sebagainya. Dalam merancang LAN beberapa hal penting lain yang perlu diperhatikan antara laian adalah ketentuan baku (Standard) dan kesesuaian (compatibility ).

Masalah ini tidak pernah hilang dan untuk ini usaha mengatasinya yaitu dengan pemakaian protokol standar. LAN tidak saja harus dapat berfungsi dalam daerah operasinya sendiri tetapi juga harus dapat berinteraksi dengan jaringan lain misalnya jaringan korporat lain, Internet dan lain-lain. Oleh karena itu ia harus dapat melayani protokol yang berlaku pada jaringan luar tersebut. Terminal atau komputer yang tersambung pada LAN harus mempunyai cara untuk mengakses media transmisi bilamana ia hendak menggunakannya baik untuk mengirimkan data atau dipanggil untuk menerima data. Akses ini dapat dilakukan dengan cara misalnya switching, polling dan sebagainya. Pilihan media transmisi yang dapat digunakan untuk membentuk cukup bervariasi seperti kabel tembaga UTP (Unshielded Twisted Pair), kabel coax, pemakaian gelombang elektromaknetik dan serat optik. Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah struktur atau topologi jaringan yaitu pola menghubungkan terminal atau komputer ke jaringan. Topologi ini berhubungan erat dengan metode akses dan media transmisi.


Pengertian Tekhnologi Local Area Network (LAN)

Dalam merancang LAN perlu ditentukan dan dipertimbangkan masalah berikut :

  • Keandalan (reliability) dengan memperhatikan besaran MTBF (Mean Time Before Failure), MTTR (Mean Time To Repair), jenis kendali yaitu terpusat atau terdistribusi.waktu rata-rata untuk perbaikan:
  • Kemudahan dalam pemeliharaan (maintainability). Maintainability dan reliability merupakan dua hal yang saling berkaitan. Maintainability tidak begitu menonjol bila reliabilitynya tinggi dan sebaliknya.
  • Kapasitas dan kecepatan pengalihan data (data transfer) yang tergantung pada faktor lebar pita (bandwidth) band yang juga ditentukan oleh metode akses dan media transmisi yang digunakan, error rate dan metode recovery, protokol dan juga beban jaringan (trafik)
  • Luas jangkauan yaitu besarnya daerah pelayanan yang dapat dicakup dan umumnya diukur dengan jarak yang terjauh antara dua terminal yang termasuk jaringan ini. Untuk memperoleh jangkauan ini harus digunakan beberapa LAN yang dihubungan dengan perankat internetworking seperti gateway, router atau bridge.
  • Biaya yang harus dikeluarkan seperti misalnya yang menyangkut perangkat lunak, instalasi, perawatan dan operasi dan sebagainya. 
  • Fleksibilitas yaitu kemudahan dalam mengatasi batas kemampuannya atau penambahan fasilitas karena pertumbuhan suatu organisasi.

Jenis Jenis Teknologi LAN

LAN pada dasarnya dapat dibedakan atas:
  • Topologi
  • Teknik penyaluran sinyal
  • Media transmisi
  • Metode Akses
Demikianlah ulasan tentang Topologi Local Area Network, baca juga tentang pengertian lan card
loading...

Ikuti update terbaru