Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris - Bahasa Inggris merupakan bahasa Internatsional dan sudah banyak orang yang mendalami bahasa ini. Di Indonesia saat ini mata pelajaran bahasa Inggris sudah mulai diajarkan ketika duduk dibangku SD, namun akhir-akhir ini menyebar isu bahwa mata pelajaran bahasa Inggris di SD dihapuskan, dengan alasan akan mengurangi rasa patriotisme dan nasionalisme anak sejak dini. Menurut saya alasan itu tidak benar, bahkan jika tidak diberikan pelajaran bahasa Inggris sejak SD maka anak didik di Indonesia akan kesulitan dalam mengeksplor pengetahuannya karena banyak sekali seuatu dalam pengetahuan itu menggunakan bahasa Inggris, sebagai contoh komputer, didalam komputer aplikasinya hampir keseluruhan menggunakan bahasa Inggris, dan masih banyak lagi ilmu-ilmu yang menggunakan istilah-istilah bahasa Inggris. Lalu bagaimana pendapat Anda tentang penghapusan bahasa Inggris di SD?
Berbicara bahasa Inggris, disini saya bukan untuk membahasa tentang penghapusan bahasa Inggris, tetapi bagaimana cara mudah belajar bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui bahasa mempunyai banyak rule dalam penggunaannya. Nah bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah maka benar Anda membuka dan membaca artikel ini. Berikut akan kami berikan informasi tentang cara mudah belajar bahasa Inggris. Tetapi ingat bahwa belajar bahasa Inggris itu tidak ada yang instan, yang menjadi judul besar artikel ini adalah cara mudah, bukan cara cepat, karena tidak mungkin rasanya belajar bahasa Inggris dengan cepat sedangkan pembahasan materi tentang bahasa Inggris itu bukan hanya sekedar Reading, Speaking, Listening, and Writing, tetapi kita juga harus memahamiMorphology, Phonetic and Symbol, Literature, Cross Cultural Understanding, Vocabulary, Pronounciation, Syntax, Sociolinguistic dan masih banyak lagi, bisa Anda bayangkan bagaimana bisa menguasai materi diatas dengan cepat. hehe... Namun jangan khawatir dan takut untuk masuk di bahasa Inggris, karena bahasa Inggris itu asyik, ingat bahwa belajar bahasa Inggris itu mudah, bukan cepat. Kita harus belajar step by step mulai dari Elementary, pre-intermediate, intermediate, pre-adnvace, dan advance.

Baiklah langsung saja berikut ini tips mudah belajar bahasa Inggris.
  1. Menyukai Bahasa Inggris
    Mengapa langkah pertama belajar bahasa Inggris adalah menyukai bahasa Inggris itu sendiri bukan menggunakan rumus atau lain sebagainya min? Ya, benar, karena dengan menyukai bahasa Inggris maka dengan sendirinya Anda akan sangat haus tentang ilmu ini karena pasti Anda akan merasa penasaran dan selalu ingin tahu mengapa kata go bisa menjadi went dan gone, nah dari rasa penasaran dan ingin tahu itu tadilah yang akan lebih mempermudah Anda dalam belajar bahsa Inggris. Karena jika tidak menyukai bahsa Inggris sama sekali maka materi sekecil apapun tentang bahasa Inggris tidak akan masuk karena pintu masuk ilmu tersebut sudah tertutuo oleh rasa benci terhadap ilmu tersebut.
  2. Kemudian yang kedua adalah vocabulary atau kosa kata, percuma Anda mahir dan hafal semua tenses tetapi kemampuan vocabulary anda low. Darimana Anda akan bisa menyusun kata atau berbicara jika Anda tidak tahu vocab nya. Penguasaan vocab bisa Anda lakukan dengan cara menghafal dan practice.
  3. Lalu langkah yang selanjutnya adalah tenses, akan mungkin Anda bisa menyusun banyak kata karena penguasaan vocab anda, tetapi ini tidak akan benra jika tenses ada masih berantakan. Penguasaan tenses bisa Anda kuasai dengan cara menghafal, tetapi jangan semata-mata menghafal, lakukan juga practice dan aplikasikan dalam speaking maupun writing. Rumus utama tenses ada 3 yaitu Past (lampau), Present (sekarang) dan Future (akan datang) dan ada satu bentuk lagi yaitu Perfect. Kemudian tinggal Anda pahami lagi turunannya.
  4. Step ke empat adalah Anda harus memahami grammar atau susunan kata dalam bahasa Inggris.
  5. Lakukan latihan membaca, berbicara, menulis dan mendengar bahasa Inggris, karena akan useless Anda belajar bahasa Inggris tetapi Anda tidak mempraktekannya, because of language is habitual.


NB :
  • Future selalu menggunaka will/shall (akan) atau would/should (dalam bentuk lampau) dengan menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb base)
  • Perfect selalu menggunakan have, has, had dengan menggunakan kata kerja ketiga.
  • Contimous selalu diberi Ing pada kata kerjanya, dan kata kerja yang digunakan adalah kata kerja pertama.
loading...

Ikuti update terbaru