Cara Mudah Belajar Percakapan Bahasa Inggris - Bahasa Inggris mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama para pelajar dan masyarakat berpendidikan SLTP keatas. Bahasa Inggris memang menarik untuk dipelajarai karena bahasa Inggris adalah bahasa International. Banyak sekali hal-hal disekeliling kita yang menggunakan ataupun adapted dari bahasa Inggris, semisal kata "stop", kata ini umum digunakan sopir angkot, tukang becak, tukang ojek, tukang parkir dan tukang-tukang lainnya. Mereka sadar atau tidak sadar telah menggunakan bahasa Inggris yang mungkin sepengetahuan mereka kata stop adalah bahasa Indonesia yang merupakan sinonim dari kata berhenti. Kemudian lagi banyak sekali simbol-simbol yang menggunakan bahasa Inggris, baik rambu lalu lintas, simbol dalam penulisan ilmiah dan lain sebagainya. Tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa Inggris sudah menjadi makanan ilmu masyarakat kita. Penting untuk menguasai bahasa Inggris bagi pejabat apalagi seorang presiden, karena seorang presiden pasti akan meet dengan orang luar negri dan pastinya dalam berkomunikasi mereka menggunakan bahasa Inggris. Lantas bagaimana jika pejabat tinggi negara kita tidak menguasai bahasa Inggris? Silahkan anda berkomentar masing-masing :)
Berbicara tentang bahasa Inggris maka mustahil rasanya jika kita tidak practice this language, karena English adalah bahasa, bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi, jadi akan percuma anda belajar rumus-rumus tense, grammar dsb kalau anda tidak mempraktekannya.
Dalam berbicara bahasa Inggris Anda juga dianjurkan untuk menguasai pronounciation, atau dalam bahasa arabnya adalah makhorijul huruf :D. Lalu bagaimana agar kita bisa cepat berbicara bahasa Inggris dengan good pronounciation. Baik kami beri tips agar Anda mudah belajar pecakapan bahasa Inggris.
  1. Yakin dan percaya diri.
    Untuk bisa berbicara bahasa Inggris dengan good pronounciation diperlukan keyakinan dan percaya diri untuk melakukannya. Jangan kecantikan atau ketampanan Anda hilang ketika berbicara bahasa Inggris dengan pronounciation yang bagus dan dengan bibir yang melencar mlencor kesana kemari, jangan ragu lakukan saja karena orang-orang akan tertarik untuk melihat dan memahami benar ketika Anda berbicara. Seperti Cinta Laura misalnya, Cinta Laura mungkin dinilai lebaya dalam berbicara bahasa Inggris tetapi justru itulah yang bagus. Jangan takut tidak cantik berbicara bahasa Inggris dengan bibir mlencar mlencor yha.
  2. Jangan memikirkan grammar.
    Ya, benar Anda harus melupakan sjenak tentang grammar ketika berbicara bahasa Inggris. Ngomong saja terus, yang terpenting adalah Anda mau bicara banyak, praktek bicara yang banyak terlebih dahulu tanpa memikirkan grammar. Karena jika Anda selalu memikirkan tentang grammar, maka bicara Anda akan terbata-bata dan tidak lancara karena Anda selalu erpikir setelah ini rumusnya apa, menggunakan verb apa, to be apa, dan lain sebagainya yang bisa memperlambat bicara Anda.
  3. Perbanyak practice menggunakan bahasa Inggirs.
    Setelah Anda percaya atas kemampuan Anda, maka kini saatnya Anda untuk memperbanyak latihan untuk mengasah kemampuan Anda dalam berbicara, tidak perlu ragu, tidak perlu malu, dan lakukan latihan ini secara rutin, biasakan menggunakan bahasa Inggris dari hal sekecil apapun yang Anda bisa, semisal ketika sms, bertemu dengan teman, berbicara dengan ayah atau ibu. Lakukan tiap hari, maka bahasa itu akan menjadi kebiasaan Anda sehingga Anda tidak akan canggung ketika berbicara di depan umum.
  4. Analisa apa yang Anda dengar
    Saat mendengarkan radio, berita, atau film berbahasa Inggris, cobalah untuk menganalisa apa yang Anda dengar. Karena bahasa Inggris banyak berisi idiom, bawalah buku kecil untuk mencatat kata-kata dan ungkapan-ungkapan baru. Jika Anda berbicara dengan penutur asli, catatlah cara mereka menggunakan kata-kata tertentu. Belajar dari percakapan alami akan membuat Anda berpindah dari buku pelajaran ke dunia komunikasi yang lebih nyata
loading...

Ikuti update terbaru