Istilah Sistem Keamanan Komputer - Keamanan Komputer, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak perusahaan dalam menjalankan manajemen sistem informasinya (bisnisnya) menggunakan jaringan  internet. Selain cepat tetapi juga murah, karena perusahaan tidak perlu membangun infrastruktur yang besar yang akan menghabiskan dana tersendiri. Bentuk komunikasi di internet yang terbuka, membuat perusahaan tidak tergantung  pada  teknologi salah  satu  vendor  tertentu.  Dengan  jangkauan yang  sangat luas,  sistem  informasi bisnis dapat menjangkau pelanggan yang lebih banyak lagi. Namun hal ini perlu diwaspadai,  mengingat sifat komunikasi internet yang terbuka akan sangat rawan terhadap gangguan/serangan  yang  tidak diinginkan. Oleh karena itu, bila menggunakan/memanfaatkan teknologi internet perlu dijaga/dilindungi agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak berhak. Dengan demikian proses transaksi antar site dan kekonsistensian data dalam sistem terdistribusi akan tetap terjaga.


Istilah Sistem Keamanan Komputer

  1. Istilah Sistem keamanan Komputer PiggybackingPiggybacking adalah menyadap jalur telekomunikasi dan ikut masuk ke dalam sistem komputer bersama-sama dengan pemakai sistem komputer yang resmi.
  2. Istilah Sistem keamanan Komputer Impersation atau Masquerading
    Impersonation yaitu penetrasi ke sistem komputer dengan memakai identitas dan password dari orang lain yang sah. Identitas dan password ini biasanya diperoleh dari orang dalam.
  3. Istilah Sistem keamanan Komputer scavenging
    Scavenging yaitu penetrasi ke sistem komputer dengan memperoleh identitas dan password dari mencari di dokumen-dokumen perusahaan. Data identitas dan password diperoleh dari beberapa cara mulai dari mencari dokumen di tempat sampah sampai dengan mencarinya di memori-memori komputer.
  4. Istilah Sistem keamanan Komputer Trapdoor
    Kemungkinan tindakan yang tak terantisipasi yang tertinggal dalam program karena ketidaksengajaan. Disebabkan sebuah program tidak terjamin bebas dari kesalahan, kesalahan yang terjadi dapat membuat pemakai yang tak berwenang dapat mengakses sistem dan melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak boleh dan tidak dapat dilakukan.
  5. Istilah Sistem keamanan Komputer Eavesdropping
    Eavesdropping adalah penyadapan informasi di jalur transmisi privat. Misalnya adalah yang dilakukan oleh Mark Koenig sebagai konsultan dari GTE. Dia menyadap informasi penting lewat telpon dari nsabah-nasabah Bank of America dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat sebanyak 5500 kartu ATM palsu.
Demikianlah ulasan tentang istilah istilah sistem keamanan komputer yang di ajarkan pada matakuliah saya, dan ini adalah salah satu tugas dari matakuliahnya. baca juga software jaringan komputer dan software desain jaringan komputer
loading...

Ikuti update terbaru