Pengertian Gambar Bitmap Pada Dunia Desain Grafis - Gambar dalam dunia desain grafis yang saya tau di bagi menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor. nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang gambar bitmap yang sering di gunakan pada desainer photoshop. adapun pengertian Gambar Bitmap adalah gambar bertipe raster. Mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambar. Sebaliknya jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah. Besar file yang dihasilkan cenderung besar. Contoh bitmap adalah .bmp, .jpg, .gif.

Suatu foto atau gambar bisa direpresentasikan dengan format bitmap dalam ribuan titik warna-warni yang membentuk suatu pola. Pada file bitmap dikenal dua istilah penting, yaitu :

  1. Resolusi atau jumlah titik persatuan luas, yang akan mempengaruhi ketajaman dan detil file bitmap. Biasanya dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch).
  2. Intensitas atau kedalaman warna, yang akan menentukan kualitas warna gambar secara keseluruhan. Biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, true color, gradasi abu-abu (grayscale), serta hitam-putih (black & white).

Pengertian Gambar Bitmap

Kelebihan gambar bitmap

Gambar bitmap mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai berikut.
  1. Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
  2. Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.
Selain mempunyai kelebihan-kelebihan, gambar bitmap juga mempunyai beberapa
kekurangan sebagai berikut.
  1. Perubahan ukuran gambar (pembesaran dan pengecilan) mempengaruhi kualitas gambar.
  2. Ukuran file gambar relatif besar.
  3. Melakukan kompresi (pemadatan) pada gambar, maka kualitasnya gambar tersebut akan menurun.
Demikianlah ulasan tentang pengertian gambar bitmap dan baca juga tentang Pengertian LAN
loading...

Ikuti update terbaru