Perbedaan Hardisk Ata dengan Hardisk Sata - Sebelum membahas tentang perbedaan hardisk ata dengan hardisk sata, akan kami jelaskan terlebih apa itu hardisk. Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

  1. AT Attachment (ATA) adalah antarmuka standar untuk menghu bungkan peranti penyimpanan seperti hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM di komputer.
    ATA singkatan dari Advance Technology Attachment. Standar ATA dikelola oleh komite yang bernama X3/INCITS T13. ATA juga memiliki beberapa nama lain, seperti IDE dan ATAPI. Karena diperkenalkannya versi terbaru dari ATA yang bernama Serial ATA, versi ATA ini kemudian dinamai Parallel ATA (PATA) untuk membedakannya dengan versi Serial ATA yang baru. Parallel ATA hanya memungkinkan panjang kabel maksimal hanya 18 inchi (46 cm) walaupun banyak juga produk yang tersedia di pasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi (91 cm). Karena jaraknya pendek, PATA hanya cocok digunakan di dalam komputer saja. PATA sangat murah dan lazim ditemui di komputer.
  2. SATA adalah pengembangan dari ATA. SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total. Adapter dari serial ATA mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA sederhana.
    Antarmuka SATA generasi pertama dikenal dengan nama SATA/150 atau sering juga disebut sebagai SATA 1. SATA 1 berkomunikasi dengan kecepatan 1,5 GB/s. Kecepatan transfer uncoded-nya adalah 1,2 GB/s. SATA/150 memiliki kecepatan yang hampir sama dengan PATA/133, namun versi terbaru SATA memiliki banyak kelebihan (misalnya native command queuing) yang menyebabkannya memiliki kecepatan lebih dan kemampuan untuk melakukan bekerja di ling kungan multitask. Di awal periode SATA/150, para pembuat adapter dan drive meng gunakan bridge chip untuk mengonversi desain yang ada dengan antarmuka PATA. Peranti bridge memiliki konektor SATA dan memiliki beberapa konektor daya. Secara perlahan-lahan, produk bridge mengakomodasi native SATA. Saat ini kecepatan SATA adalah 3GB/s dan para ahli sekarang sedang mendesain teknologi untuk SATA 6GB/s.
  3. Dalam hal harga, SATA lebih mahal dikit, dibandingkan dengan hardisk ATA. SATA lebih memiliki keunggulan dalam hal konektor,tenaga dan performa jika Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA. Keunggulan SATA menonjol lainnya adalah kemampuan hot-swap nya, yaitu  dapat mematikan dan menyalakan komputernya tanpa harus melakukan shut down.

Perbedaan ATA dan SATA 

Perbedaan SATA dan ATA yang jelas terlihat adalah pada kabel data dan perbedaan power yang dibutuhkan.
Pada Standar ATA 200GB seperti model Western Digital Model, menggunakan  dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data.Dan membutuhkan tegangan sebsar 5V untuk setiap pin dari 4 pin sambungan.
Sedangkan pada SATA 120 GB model western Digital menggunakan kabel setengah inci, 7 konektor sambungan data sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kabel datanya.
Kabel data SATA memiliki panjang maksimal 1 meter, dan ini lebih panjang dari kabel ATA yang cuma 18 inci.
loading...

Ikuti update terbaru