Manfaat Belajar Bahasa Inggris - Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan diseluruh dunia. Jika ditanya tentang manfaat bahasa Inggris atau manfaat belajar bahasa Inggris maka adalah sangat banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh. Bahasa Inggris sudah menjadi sudah menjadi bahasa universal yang digunakan dalam dunia teknologi, pendidikan, politik, perdagangan, dan lain sebagainya. Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling crucial, dan suka atau tidak suka, saat ini Bahasa Inggris sudah sangat mendominasi semua aspek dalam hal komunikasi. Kita bisa melihat hampir semua electronic devices menggunakan Bahasa Inggris. Sebagian besar Negara-negara di Asia juga menggunakan Bahasa Inggris sebagai ’Medium of Instruction’ ataupun menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sesudah bahasa nasional mereka. Sebut saja Filipina, Singapura, dan Malaysia.  Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang paling sering digunakan oleh dunia. 

Berikut ini adalah mafaat bahasa Inggris yang harus diketahui untuk merangsang minat untuk belajar bahasa Inggris.
  1. Academic Purpose (Tujuan Akademis)
    Tak bisa dipungkiri, kita wajib mempelajari bahasa Inggris mulai dari SD bahkan sampai Kuliah. Memang, mata pelajaran yang jadi momok itu mendapat perhatian khusus dalam kurikulum pendidikan. Nilai ujian akhir ditentukan oleh nilai bahasa Inggris. Bagi para mahasiswa, mereka diwajibkan untuk mempelajari buku modul dalam bahasa Inggris walupun mereka bukan mahasiswa jurusan bahasa/sastra Inggris.Pengembangan Karier
  2. Dunia kerja akan tergiur oleh orang-orang yang pandai berbahasa Inggris.Kecakapan berbahasa Inggris tentunya akan memberikan nilai lebih bagi calon pelamar kerja, Mereka akan lebih dipandang dalam kompetisi dunia kerja. Jadi dengan Bahasa Inggris, pekerjaanlah yang mencari pelamar.
  3. Kesempatan Emas Belajar ke Luar Negeri
    Banyak sekali lembaga yang memberikan beasiswa belajar ke luar negeri kepada para pelajar Indonesia. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah tes TOEFL. Tes ini mengukur seberapa kemempuan kita dalam berbahasa Inggris. Tentunya kita harus mahir bahasa Inggris agar bisa lulus tes ini.
  4. Memperluas Pergaulan
    Diatas sudah disinggung bahwa kita telah memasuki era global, dunia yang universal, dunia menjadi satu bangsa dalam keanekaragaman budaya. Siapa yang tertarik untuk menjadi orang gaul tingkat jagat, kuasailah Bahasa Inggris.
  5. Menaklukkan Internet
    Anda mungkin berpikir bahwa banyak situs yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tetapi kenyataannya, 80% informasi elektronik hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Sedangkan 20% bagian yang lainnya itu tidak semuanya didominasi oleh bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa asing non-Inggris lain, seperti bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Perancis dan sebagainya. Jadi bayangkan hanya berapa persen dari seluruh informasi di internet yang tersaji dalam bahasa Indonesia. 

Nah, itulah sedikit dari manfaat bahasa Inggris dalam kehiupan sehari-hari, kegiatan akademik, maupun karier. Semoga kita termotivasi untuk belajar bahasa Inggris lebih giat lagi untuk mencapai kesuksesan. Tentunya, materi pembelajaran yang tersaji dalam blog ini nantinya akan mempermudah kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Amin…..


loading...

Ikuti update terbaru