Pengertian, Rumus Simple Future Tense - Untuk membuat kalimat dalam bahasa inggris tidak hanya menyatakan kejadian yang sedang terjadi atau sudah terjadi saja, namun yang akan terjadi juga harus dijelaskan dengan rumus simple future tense yang mempunnyai pengertian untuk mengungkapkan yang akan terjadi di masa depan. Di antara semua bentuk Future tense, Simple Future Tense adalah yang paling umum digunakan dalam banyak situasi, contoh ketika kita membuat janji atau rencana .Bila diterjemahkan kata future berarti “masa depan”. Pada penggunaanya, future tense memiliki aturan, yakni dengan menggunakan will maupun shall, yang berarti akan. Dalam sebuah kalimat, sesudah kata will atau shall pasti akan diikuti oleh kata kerja selanjutnya atau kata kerja bantu. Pada umumnya, will lebih sering digunakan pada percakapan maupun pada sebuah teks.

Rumus Simple Future Tense

(+) Subjek + will/ shall + verb 1
(-) Subjek + will/ shall + not + Verb1
(?) Will/ shall + Subjek + Verb 1 ?

Contoh Simple Future Tense

He will be alone tomorrow.
He will not (won't) be alone tomorrow.
Will he be alone tomorrow?
Jawaban:
Yes he will, atau No, she will not (won't)

When will he be in Las Vegas?
Why will you be here tomorrow night?

She will go to Paris tomorrow.
She will not (won't) go to Paris tomorrow ?
Will she go to Paris tomorrow ?
Jawaban: 
Yes She will, atau She, will not (won't)?
When will she go to Paris?
Who will come here?

I am going to read a newspaper tomorrow.
I am not going to read a newspaper tomorrow.
Are you going to read a newspaper tomorrow?
What are you going to read?
Who is going to come here tomorrow?

Keterangan waktu Simple Future Tense
tomorrow morning, tomorrow night, next week, next year and so on.

Keterangan Simple Future Tense
Be going to digunakan dalam mengungkapkan sesuatu yang akan terjadi di masa depan dengan bertitik tolak dari masa kini. Contoh simple future tensenya :
It is seven already, we are going to be late. (Ini sudah pukul 07.00 , we akan terlambat) bisa dilihat bahwa dalam contoh itu, kita tahu bahwa kita akan terlambat karena melihat sudah jam 07.00.
Pola ini juga digunakan untuk mengungkapkan suatu rencana. Selain itu, pola ini juga digunakan untuk kejadian yang akan datang, yang sudah pasti akan terjadi. Be going to juga digunakan untuk mengungkapkan keinginan dan suatu janji. Contoh simple future tensenya:
We are going to eat at the restaurant tonight. (kami akan makan di restoran malam ini).
Dalam penggunaan sehari-hari dan percakapan umum(kegiatan non-formal), orang juga menggunakan gonna. Ini adalah bentuk sederhana dari be going to.Tapi ini sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam konteks resmi (menulis dan percakapan formal).
Sedangkan, will/shall digunakan untuk mengungkapkan suatu kejadian yang akan terjadi. Namun, will/shall digunakan untuk hal-hal selain rencana dan janji, jadi hanya digunakan dalam konteks umum saja yang belum pasti terjadi. Will ini lebih untuk menyebutkan detail tentang apa yang akan terjadi. contoh:
I am going to have holiday. We will go to beach. Di contoh ini, rencana diungkapkan dengan pola be going to, lalu ketika menjelaskan detailnya, kita menggunakan will.

Demikianlah ulasan tentang simple future tense semoga bermanfaat untuk kawan kawan yang sedang belajar bahasa inggris. selamat mencoba.. 
loading...

Ikuti update terbaru