Rumus Vlookup dan Fungsinnya di Microsoft Excel - Microsoft Excel merupakan aplikasi yang sangat populer sekali, apalagi di kancah perusahaan yang berbau dengan perhitungan. dalam microsoft excel banyak sekali rumus rumus dan fungsi fungsi yang bisa kita gunakan untuk mempermudah dalam pengerjaan kita, salah satunnya dalah fungsi vlookup. vlookup merupakan suatau fungsi excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan suatu nilai tertentu. vlookup merupakan singkatan dari vertical lookup yang menggambarkan proses kerja mencari data secara vertikal baris demi bari. Fungsi dari vlookup ini sangat luas sekali sejak digunakannya excel sampai sekarang. apabila anda bekerja sehari hari menggunakan aplikasi excel maka bisa dipastikan akan menggunakan rumus vlookup ini. Fungsi Vlookup dan Hlookup adalah untuk pembacaan tabel dimana dua atau lebih tabel mempunyai data yang saling dihubungkan. Jika tabel disusun secara Vertikal kita menggunakan rumus fungsi Vlookup sedangkan jika tabel disusun secara Horizontal maka kita gunakan rumus fungsi Hlookup.

Rumus Vlookup dan Fungsinnya di Microsoft Excel

Ada sebuah ilustrasi yang kami ambil dari blajarexcel yang mengilustrasikan kerja dari rumus vlookup seperti pada gambar di bawah ini :

No 1. Cell data sumber dengan kode kota MKS akan digunakan sebagai nilai pencarian atau lookup value ke suatu tabel referensi yang berisi kode dan nama kota
No 2. Data pada kolom pertama di tabel referensi, yaitu BDG, JKT, LMP, MDN, MKS,dan SMD akan dicocokkan dengan lookup value MKS.
No 3. Proses pencarian ini akan menemukan data pada baris kelima di tabel referensi.
No 4. Pada posisi hasil pencarian di baris kelima, fungsi akan mengambil nama kota yang terdapat di kolom kedua yaitu Makassar. Nilai akhir inilah yang akan didapatkan dari fungsi VLOOKUP.
Dari Penjelasan konsep di atas, disini ada rumus yang perlu anda ketahui yaitu sintax dasar untuk fungsi vlookup :
VLOOKUP(lookup value, tabel referensi, nomor kolom, [tipe])

Penggunaan Vlookup di Excel 

Tampak tabel seperti di bawah ini, kalau anda belum mempunyai tebelnya, silahkan mendownloadnya terlebih dahulu..., setelah itu baru dilanjutkan di tahapan berikutnya.
Pada Sheet1 terdapat 2 tabel yang terpisah dengan judul Tabel Sumber dan Tabel Referensi.


Pada Tabel Sumber terdapat kolom Asal Kota dengan isi cell di bawahnya masih kosong semua. Semua cell kosong ini datanya akan dicari dan diambil dari Tabel Referensi. Tempatkan kursor Anda pada alamat cell D4.Tuliskan rumus berikut pada cell tersebut dan tekan tombol Enter.=VLOOKUP(C4,$G$4:$H$9,2)


Keterangan:

  • C4 adalah merupakan cell untuk lookup value.
  • $G$4:$H$9 adalah range statis untuk tabel referensi yang akan Anda butuhkan.
  • 2 adalah nomor posisi kolom yang akan diambil datanya dari tabel referensi.

Rumus tersebut akan mengisi nilai Makassar pada cell D4.


Copy cell D4 tersebut ke cell-cell di bawahnya sampai alamat D9. Rumus yang kita copy tersebut akan mengisi semua cell dengan baik sesuai dengan tujuan.


Sudah jadi seperti gambar diatas.., berarti rumus yang anda terapkan sudah benar. Demikianlah ulasan tentang rumus vlookup di microsoft excel semoga bermanfaat untuk anda yang masih belajar atau sedang lupa dalam penggunaan rumus ini semoga bermanfaat...

loading...

Ikuti update terbaru