WhatsApp di beli Facebook US$16 Milyar - Kabar terbaru yang hadir pada awal tahun 2014 ini tentang tentang facebook yang telah membeli saham whatsApp senilai  US$16 Milyar atau (188,4 Triliun Rupiah) (uang US$ 4Milyar + Saham FB US$12 Milyar). Jumlah tersebut dapat bertambah sampai US$19 Milyar karena para pegawai WhatsApp juga mendapatkan saham FB US$3 Milyar yang akan cair bertahap selama 4 tahun setelah aukisisi terjadi.


Facebook Membeli WhatsApp

Alasan Facebook membeli WhatsApp antara lain karena WhatsApp merupakan aplikasi mobile instant messaging  atau chating yang sangat populer di dunia dengan jumlah user base sebanyak 450 juta orang dimana 70% aktif setiap harinya dengan pertumbuhan basis user baru lebih dari 1 juta orang perharinya.
Selain itu banyaknya jumlah volume pesan antar user yang hampir menyamai volume pesan singkat sms seluruh operator dunia juga menjadi salah satu alasan Facebook membeli WhatsApp.

Dalam penjelasan resminya, disebutkan Facebook Messenger yang sebelumnya merupakan pesaing WhatsApp akan tetap ada dan tidak digabungkan, ini karena WhatsApp akan beroperasi secara indepent layaknya Instagram setelah di beli Facebook.

Bila boleh membandingkannya dengan pembelian perusahaan teknologi sejenis beberapa tahun kebalakang maka harga WhatsApp sangatlah mahal untuk ukuran sebuah applikasi chatting karena harganya adalah 16x Instagram, 18X Viber, 2X Nokia, 2x Skype dan 5x Motorola.

Pembelian tersebut membuat para karyawan WhatsApp ketiban rezeki. Pendiri WhatsApp Jan Koum dan Brian Acton memperoleh bagian yang jauh lebih besar. Koum, misalnya, diprediksi mengantongi 6,8 miliar dollar AS atau hampir Rp 80 triliun dari kepemilikan WhatsApp sebesar 45 persen.

Sementara, Brian Acton diperkirakan memiliki lebih dari 20 persen saham WhatsApp. Duo pendiri ini disebut mempunyai jumlah saham gabungan setidaknya sebesar 60 persen, angka yang tergolong besar untuk sebuah perusahaan rintisan digital.

dikutip dari harian info teknologi dan tekno kompas 
loading...

Ikuti update terbaru