Bahasa Pemrograman Berbasis Website - Belajar Web, pada dasarnya belajar bahasa pemrograman web itu tidak begitu susah, namun kalau kita tidak sungguh-sungguh., ya lumayan susah juga. bahasa pemrograman yang penting kita sudah kenal dasar dasarnya terlebih dahulu. sebelum belajar yang tingkat lanjut. nah apa itu Pemrograman berbasis web adalah hal yang sudah sering kita temui dan kita gunakan pada saat ini karena mudah ditemukannya koneksi internet yang mendukung penggunaan sebuah pemrograman berbasis web. Tidak banyak orang yang tahu apa itu sebenarnya pemrograman berbasis web walaupun mereka sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.


Bahasa Pemrograman Berbasis Website

Pemrogaman berbasis web terdiri dari tiga kata yang masing-masing artinya adalah sebagai berikut :
  • Pemrograman = proses membuat sebuah program komputer
  • Berbasis = berdasarkan pada
  • Web = halaman situs yang menampilkan berbagai informasi berbentuk teks, grafik, suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext.

Dari pengertian-pengertian masing-masing kata dapat disimpulkan bahwa pemrograman berbasis web adalah proses membuat sebuah program komputer yang berdasarkan pada halaman situs yang menampilkan berbagai informasi berbentuk teks, grafi, suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext.
Untuk membuat sebuah pemrograman berbasis web dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman tertentu yang dapat mendukung program tersebut. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh programer untuk membuat sebuah program yang dapat memberikan instruksi pada mesin atau komputer.

Terdapat berbagai macam jenis bahasa pemrograman berbasis web seperti berikut :

  1. Bahasa Pemrograman HTML (HyperText Markup Language)
    HTML adalah sebuah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman wen dan menampilkan berbagai informasi di dalamnya. HTML menghasilkan tampilan yang terintegrasi karena berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.
  2. Bahasa Pemograman PHP (Hypertext Preprocessor)
    PHP adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa pemrograman ini berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web dan belum digunakan secara umum. Namun, setelah bahasa pemrograman ini dirilis untuk umum, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk mengembangkannya sehingga kemampuan bahasa pemrograman ini menjadi semakin baik, versi terakhirnya pun sudah memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk beradaptasi dengan perkembangan bahasa pemrograman yang sudah banyak menggunakan pemrograman berorientasi objek.
  3. Bahasa Pemrograman Javascript
    JavaScript adalah bahasa skrip yang dapat bekerja di sebagian besar browser. JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich. Walaupun namanya JavaScript namun bahasa pemrograman ini tidak ada hubungannya dengan bahasa pemrograman java. JavaScript dapat digunakan untuk membuat efek rollover baik gambar maupun teks dan yang paling utama adalah untuk membuat AJAX.
  4. Bahasa Pemrograman ASP (Active Server Pages)ASP adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.ASP diproses melallui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan dikirimkan melalui browser. ASP diciptakan oleh Microsoft untuk membuat pemrograman web yang dinamis, sehingga isi dari sebuah website dapat diprogram untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Bahasa pemrograman ASP merupakan Object Oriented Programming dan memiliki struktur bahasa yang sama dengan bahasa Visual Basic yang mudah dimengerti karena sintaksnya menggunakan bahasa Inggris.
  5. Bahasa Pemrograman XML (Extensible Markup Language)
    XML merupakan kelanjutan dari HTML yang merupakan bahasa standar untuk melacak internet. XML adalah bahasa markup untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML didesain untuk menyimpan data secara ringkas sehingga menjadi lebih efisien dan mudah diatur.
  6. Bahasa Pemrograman WML (Wireless Markup Language)
    WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (Extensible Markup Langauge). WML adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
  7. Bahasa Pemrograman PERL
    PERL merupakan bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa pemrograman C. PERL adalah penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan umum. PERL dapat mempersingkat sintaks yang digunakan untuk membuat sebuah program yang seharusnya menghasilkan sintaks yang panjang jika menggunakan bahasa pemrograman lain karena sintaks yang digunakan bahasa pemrograman ini berupa simbol-simbol yang sulit dimengerti orang awam.
  8. Bahasa Pemrograman CFM
    CFM dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.
Demikianlah ulasan tentang bahasa pemrograman web yang kebanyakan di pelajari di bangku kuliah atau programmer website. namun dari beberapa bahasa pemrograman di atas ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. baca juga artikel lainya tentang bahasa tingkat tinggi dan cara membuat website


loading...

Ikuti update terbaru