Pengertian, Contoh Article a atau an - Dalam bahasa inggris di kenal juga tentang mendefinisikan suatu kata benda yang spesifik maupun yang tidak spesifik. seperti a dan an yang mempunyai pengertian article yang memodifikasi kata benda/nouns menjadi tidak spesifik atau tidak tentu. dengan kata lain indefinite articles ini memberikan suatu makna apa saja atau yang mana saja dari suatu kata benda. bentuk dari dari indefinite articles ini adalah dengan menggunakan articles a dan an seperti contoh di bawah ini :

My daughter really wants a dog for christmas (Putri saya sungguh sungguh menginginkan seekor anjing untuk perayaan hari natal)
Pada kalimat di atas, mempunyai makna menunjukkan pada jenis jenis anjing apa saja. kita tidak mengetahui anjing yang mana / jenis anjing apa yang di inginkan karena kita belum menemukan/membeli anjingnya bisa dikatakan tidak spesifik

When I was at the zoo, I was an elephant ( ketika saya di kebun binatang, saya melihat seekor gajah)
pada kalimat diatas mempunyai makna disini sedang membicarakan tentang benda tunggal dan tidak spesifik dalam hal ini seekor gajah. mungkin ada beberapa gajah di kebun binatang tu, namun hanya seekor gajah yang sedang dibicarakan.

Pengertian, Contoh Article a atau an


Catatan 
Penggunaan artikel "a atau an" ini berdasarkan pada huruf awal dari kata benda seperti penggunaan di bawah ini :


  •  an + singular noun (kata benda tunggal) yang dimulai dengan huruf vokal. Contoh: an elephant, an egg, an apple, an orphan, etc.
  • a + singular noun (kata benda tunggal) yang dimulai dengan huruf konsonan. Contoh: a boy, a car, a bike, a zoo, a dog, a horse etc.
  • an + nouns (kata benda) yang diawali dengan pelafalan huruf “h” yang tidak diucapkan ketika berbicara. Contoh: an hour.
  •  a + singular noun (kata benda tunggal) yang dimulai dengan pengucapan konsonan. Contoh: a user (walaupun diawali huruf vokal “u”, tetapi pengucapannya seperti konsonan “yoo-zer”, yakni pengucapannya diawali dengan huruf “y”). Contoh lain: a university, a unicycle, etc.

Jika kata benda di modifikasi oleh kata sifat atau adjectives, pemilihan penggunaan "a atau an" berdasarkan pada pelafalan dari kata sifat yang ada setelah artikel "a atau an" seperti contoh di bawah ini :

  1. a broken leg
  2. an unusual problem
  3. a European country (pelafalannya diawali dengan huruf “y”, dibaca: “yer-o-pi-an”)
Perlu kita ingat bahwa dalam bahasa inggris, indefinite articles: “a/ an” digunakan sebagai mengindikasikan keanggotaan dalam suatu kelompok atau grup. Contoh:

I am a teacher (Saya adalah seorang anggota dari suatu kelompok guru)
Brian is an Irishman.(Brian adalah seorang anggota dari orang-orang yang dikenal sebagai penduduk Negara Irlandia)
Tagawa is a practicing Buddhist. (Tagawa adalah seorang anggota dari kelompok orang-orang yang dikenal sebagai penganut agama Budha)

Untuk informasi selengkapnya, kami sarankan silahkan baca juga artikel kami mengenai Pengertian, Contoh Definite Article the

Demikianlah ulasan tentang pengertian dan contoh article a atau an yang selalu digunakan dalam bahasa inggri, artikel yang saya kumpulkan dari beberapa sumber salah satunya dari Sumber : Using articles. http://owl.english.purdue.edu/owl/resource/540/01/. Accessed on July, 03. 2013 dan banyak lagi sumber sumber yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang menjabarkan dari rumus ini. semoga tulisan ini bermanfaat bagi penelitian ataupun yang sedang melakukan pembelajaran tentang bahasa inggris.. selamat mencoba



loading...

Ikuti update terbaru